7 Tips Menjadi Rajin Belajar

BeritaGuruku_ Siapa sih yang tak ingin menjadi orang yang rajin belajar. Pasti kalian ingin menjadi orang yang bisa rajin belajar kan? Orang yang rajin belajar tidak harus membaca buku banyak loh. Berikut beberapa tips menarik untuk kita pelajari supaya kita bisa menjadi orang yang rajin belajar.

  1. Fokuslah di dalam kelas. Apapun jenjang pendidikan kamu fakus di dalam kelas adalah kunci penting dalam menjadi rajin belajar. Cobalah untuk menyerap semua yang disampaikan oleh guru dan cobalah untuk memahami materi. Hindari dan jangan terlena untuk berbincang dengan teman di sebelah. Buatlah dirimu penuh perhatian dan jangan membiarkan pikiran kamu berkeliaran; jika berkeliaran, catatlah suatu hal yang penting dan kembali fokus.
  2. Berpartisipasilah di dalam kelas. Orang yang rajin belajar akan berpartisipasi aktif di dalam kelas dan terlibat langsung di dalam proses pembelajaran. Mereka akan menjawab pertanyaan ketika guru menyuruhnya, dan mereka akan mengangkat tangan jika terdapat seseuatu yang ingin ditanyakan, dan mereka akan menjadi relawan dalam aktivitas yang mereka suruh. Kamu tidak perlu menjawab semua pertanyaan yang diajukan, kamu harus memberikan kesempatan bagi teman kamu untuk menjawabnya, namun kamu harus menjadi bagian yang aktif dan konsisten dalam diskusi kelas.
  3. Buatlah belajar sebagai prioritas. Menjadi rajin belajar bukan berarti mengenyampingkan seluruh minat kamu yang lain. Namun demikian, kamu perlu memprioritaskan belajar sebagai prioritas utama dalam hidup. Ketika menyeimbangkan teman, waktu keluarga, dan kegiatan ekstrakurikuler kamu bersama dengan studi kamu, kamu harus memastikan untuk tidak mengabaikan waktu belajar kamu,
  4. Jangan mengharapkan kesempurnaan. Menjadi rajin belajar bukan berarti kamu harus menjadi yang terbaik di sekolah. Menjadi rajin belajar berarti membuat komitmen yang serius untuk sekolah kamu. Dan tidak harus menjadi yang nomer satu.
  5. Buatlah catatan dalam kelas. Membuat catatan dalam kelas akan membantu kamu untuk fokus dalam memahami materi, catatlah poin penting ketika guru anda sedang rehat dari bicara, dan tetap terus aktif dan terlibat langsung. Bahkan kamu dapat membuat catatan dengan warna pulpen yang berbeda, penanda yang berbeda atau tandai terutama bagian-bagian paling penting. Pelajarilah gaya mencatat yang terbaik bagi kamu dan berkomitmen untuk mencatat serinci mungkin jika kamu ingin memiliki sifat rajin belajar.
  6. Teratur. Orang yang rajin belajar biasanya rapi sehingga mereka tidak menghabiskan waktu untuk mencari catatan, pekerjaan rumah, atau buku pelajaran. Jika kamu tidak teratur, maka kamu harus memiliki buku tulis yang berbeda untuk setiap pelajaran, alokasikanlah beberapa menit per hari untuk membersihkan meja kamu, dan pastikan kamu telah memilah-milah tempat untuk pelajaran berbeda sehingga kamu dapat tetap fokus dan tidak kewalahan. Kamu mungkin berpikir bahwa secara alamiah orang itu dapat menjadi tidak teratur, tetapi kamu dapat mempelajari bagaimana menjadi orang yang teratur jika anda ingin menjadi rajin belajar.
  7. Jangan khawatirkan orang lain. Jika kamu ingin menjadi rajin belajar, berhenti membandingkan orang lain dengan kamu. Jangan mencoba untuk mendapatkan nilai yang sama dengan teman di sebelah kamu, dan jangan mencoba untuk mendapatkan gelar terbaik seperti kakak atau sahabat kamu, terkecuali tujuan tersebut benar-benar bisa dicapai. Hal yang paling penting adalah kamu berusaha untuk menjadi yang terbaik untuk diri kamu sendiri.

Semoga bermanfaat….. Selamat Belajar!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *