Pengertian SIM PKB dan Fungsinya

Berikut ini sedikit penjelasan tentang pengertian SIM PKB dan pengertian PKB. SIM PKB (simpkb) atau SIM Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan adalah Sistem Informasi Manajemen terpadu pada sistem Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.
Adapun yang dimaksud dengan PKB atau Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan adalah Proses penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar dalam rangka meningkatkan kemampuan dan kompetensi guru dalam melaksanakan tugas profesinya.

Sebagaimana diketahui SIM PKB saat ini dapat digunakan untuk Login Pretest dan Posttest PKB, Pretest PPG, cek SKTP dan Cek Hasil Pretest PPG. Saat ini SIM PKB wajib diikuti oleh seluruh guru, karena sejak tahun 2017 Ditjen GTK mengembangkan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dari Program Pembelajar dengan tujuan utama untuk meningkatkan kompetensi guru yang pelaksanaannya terintegrasi dalam SIM PKB.
Melalui SIM PKB baik itu guru, kepala sekolah maupun pengawas sekolah, harus masuk dalam pemberdayaan komunitas GTK yang terdiri dari Gugus/Kelompok Kerja Guru (KKG), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK), Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) kelompok Kerja Pengawas Sekolah (KKPS).

Login SIM PKB. SIM PKB adalah sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). PKB adalah bentuk pembelajaran berkelanjutan bagi guru yang merupakan kendaraan utama dalam upaya membawa guru pada perubahan yang diinginkan, yaitu pengembangan profesinya. Muara akhir yang diharapkan adalah keberhasilan siswa didiknya.
Guru-guru yang melakukan pengembangan berkelanjutan akan membawa pembelajarannya untuk menjadikan siswanya mempunyai pengetahuan lebih, mempunyai keterampilan lebih baik, dan menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang materi ajar serta mampu memperlihatkan apa yang mereka ketahui dan mampu melakukannya.
Pengembangan keprofesian berkelanjutan harus dilakukan berdasarkan kebutuhan guru yang bersangkutan. Kebutuhan yang dimaksud adalah kebutuhan untuk mencapai dan atau meningkatkan kompetensinya di atas standar kompetensi profesi guru. Hal ini nantinya juga sekaligus berimplikasi pada perolehan angka kredit untuk kenaikan pangkat/jabatan fungsional guru.

Pada peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kredit, PKB adalah unsur utama yang kegiatannya juga diberikan angka kredit untuk pengembangan karir guru, selain kedua unsur utama lainnya yakni: 1) pendidikan; 2) pembelajaran/pembimbingan dan tugas tambahan dan/atau tugas lain yang relevan. Menurut Permennegpan itu telah pula dijelaskan bahwa pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) terdiri dari 3 komponen, yaitu a0 pengembangan diri; b) publikasi ilmiah; c) karya inovatif.

Kegiatan diklat Guru Pembelajaran IGPO) saai ini merupakan salah satu jenis pengembengan profesi guru.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *