Cek Sim PKB Anda

BeritaGuruku_ Sebagai seorang guru yang telah memiliki gelar sarjana atau PNS dengan golongan minimal III.a tentu saja menantikan proses pemanggilan sertifikasi guru, dan terkadang orang-orang yang lebih dahulu diangkat atau telah bertahun-tahun mengabdi namun belum juga ada panggilan sertifikasi sedangkan ada yang angkatan baru namun sudah duluan ikut PLPG.

Proses sertifikasi guru di tahun 2018 bisa dilaksanakan dengan 2 jalur, yakni jalur PLPG dan jalur PPGJ 2018, karenanya sebagai seorang guru kita mesti aktif dalam hal pencarian kabar terbaru sertifikasi guru agar bisa segera ikut PLPG tahun ini.

Aktif mendengar informasi itu merupakan hal yang wajib terutama dari dinas pendidikan di wilayah bapak ibu guru sebab ada kejadian bahwa ada teman yang harusnya telah ikut PLPG namun ternyata tak jadi dikarenakan keterlambatan sertifikasi guru.

Lalu kini yang menjadi pertanyaan adalah siapa yang berhak memilih peserta sertifikasi guru 2018? Untuk jawabannya mari simak penjelasan berikut.

Akun SIM PKB Guru adalah Kunci Data Online Guru

Setiap guru wajib punya akun SIM PKB, dan data yang ada di SIM PKB terintegrasi dengan dapodik sekolah, dan isi data dari SIM PKB ini merupakan tanggung jawab guru yang bersangkutan meskipun memang lebih banyak akun SIM PKB itu dipegang oleh Operator sekolah.

Di dalam SIM PKB ada rapor guru hasil UKG tahun 2015 lalu, dan setiap guru tentu memiliki nilai yang berbeda, ini berpengaruh terhadap pemanggilan Diklat PLPG 2018 untuk sertifikasi guru.

Pemanggilan dilakukan berdasarkan besaran nilai yang diperoleh saat UKG, oleh karenanya nilai tinggi hasil UKG akan menentukan cepat atau tidaknya seorang guru dipanggil untuk mengikuti Diklat PLPG 2018.

Bagi yang memang sudah waktunya pemanggilan maka di akun SIM PKB ada undangan menjadi peserta PLPG 2018, jika tidak artinya belum ada pemanggilan.

Artinya setiap guru harus aktif dan terus memantau SIM PKB, agar bila ada informasi tidak ketinggalan. Dan ini menjawab pertanyaan mengenai siapa yang melakukan pemilihan peserta PLPG, yang menentukan adalah pihak Kemdikbud bidang GTK.

Langkah Tepat Daftar Peserta PLPG 2018

Bagi yang memang ingin kepastian mengenai pemanggilan sertifikasi guru melalui jalur PLPG 2018 adalah dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

Jalin komunikasi yang baik dengan operator sekolah, bila memang tidak bisa akses SIM PKB sendiri dan membutuhkan jasa operator sekolah. Dan jalin komunikasi yang baik dengan operator dinas pendidikan agar saat ada pemanggilan jalur PLPG bisa langsung diberi tahu. Terus cari inf terupdate mengenai sertifikasi guru. Terus pantau perkembangan informasi sergur 2018 melalui Sim PKB anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *